Tips & Trick Menghafal Jadi Lebih Mudah

 

MENGHAFAL? SIAPA TAKUT! ASAL TAU TRIKNYA, MENGHAFAL ITU MUDAH KOK!


Siapa yang disini tidak suka dengan hafalan? Banyak siswa mengeluh jika menghafal itu hal yang sulit dilakukan, apalagi jika berhubungan dengan rumus. Kali ini minleri mau kasih tau trik untuk menghafal agar lebih mudah dan cepat diingat. Apa saja ya kira-kira triknya

1. Pemetaan Pikiran

Mind mapping adalah membuat peta mengingat dari apa yang sudah kita pelajari. Caranya gampang loh, kamu pilih kata-kata/point paling penting dari tulisan yang kamu baca. Siapkan kertas (lebih bagus lagi kalo kertas berwarna untuk bisa membedakan dengan kata yang lain) lau tuliskan ditengah kertas itu. Jika perlu, tambahkan ilustrasi menggunakan bolpoin atau spidol berwarna agar lebih mudah dipahami dan dihafalkannya. Begitu semua selesai ditulis, coba kamu periksa lagi apakah ada yang belum ditulis dari bacaan yang kamu baca. 

2. Membaca berulang kali atau pengulangan

Cara menghafal yang cepat bisa dengan membaca secara berulang kali buku bacaan kamu. Ketika kamu membaca berulang kali dengan sungguh-sungguh, maka kamu juga akan menyerap informasi dengan tepat dan bisa lebih mudah untuk menghafalnya.

Selain itu, ternyata manfaat mengulang bacaan secara berulang kali dapat meningkatkan kemampuan ingatan jangka pendek untuk memiliki daya ingat yang lebih baik lagi.

3. Menghafalnya tidak dengan dadakan

Sama halnya seperti belajar, menghafal sesuatu tidak bisa dilakukan secara instan/mendadak. oleh karena itu, jangan sampai kamu menghafalnya hanya dengan satu malam apalagi saat besoknya akan presentasi di kelas. Hal ini bukannya lebih mudah mengingat, justru akan merusak pikiran kita karena terburu-buru dan jadi cemas.

4. Membaca dengan bersuara  

Siapa yang kalo menghafal harus bersuara? Ternyata cara ini bisa jadi salah satu trik menghafal dengan cepat. Dikarenakan otak kita fokus mendengarkan ucapan kita dari pada suara-suara lain di sekelilingnya

 

 

0 comments