Terapkan 4 Tips Mencari Pekerjaan untuk Bangkit dari PHK.

Tips Mencari Pekerjaan untuk Bangkit dari PHK. 



1. bergabunglah dengan komunitas online

Kehilangan pekerjaan bisa membuat seseorang merasa kesepian dan terisolasi. Namun jangan khawatir, banyak orang yang sedang mengalami atau pernah mengalami hal serupa. Yohannes menyarankan agar berinteraksi dengan mereka dapat membantu memperoleh informasi penting dalam mencari pekerjaan baru di masa sulit ini. Menurutnya, era digital sekarang sangat membantu karena banyak kemudahan akses ke Instagram, TikTok, LinkedIn dan Facebook sebagai platform untuk bergabung dalam komunitas para pencari kerja yang siap menemani Anda dalam proses tersebut dapat Anda manfaatkan. Ikuti beberapa komunitas online yang relevan dengan industri atau bidang pekerjaan Anda, dan jangan ragu untuk secara aktif berpartisipasi dalam diskusi mereka.

2. Perbaiki profil LinkedIn Anda 

LinkedIn adalah platform profesional utama di mana para pencari kerja dan perekrut berkumpul. Pastikan profil LinkedIn Anda diperbarui dan mencerminkan pengalaman, keterampilan, serta minat Anda yang sesuai dengan karir masa depan yang ingin dicapai.

3.Meningkatkan keterampilan melalui kursus online

Ketika terjadi PHK, ini bisa menjadi kesempatan bagi seseorang untuk memperbarui atau meningkatkan keterampilannya agar lebih sesuai dengan tren saat ini pada industri tertentu. Ada begitu banyak kursus online gratis maupun berbayar untuk meningkatkan keterampilan baru atau mengasah kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya. 

4. Bertemu orang-orang baru lewat event virtual 

Tak perlu kehilangan semangat meskipun harus bertahan di rumah karena pandemi COVID-19 saja bukanlah kendala besar dalam menemukan peluang sosialisasi ataupun mendapatkan informasi tentang industri tertentu tempo hari akan ada event-event virtual seperti webinar, workshop , seminar online dll tunduk pada sasaran .

Gunakan kesempatan tersebut untuk membuka diri pada kontak sosial baru serta lingkaran profesional lainnya cukup aktif. sebelumnya dengan komunitas online yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda untuk terhubung dengan orang-orang yang memiliki pengalaman serupa, agar bisa bangkit setelah kehilangan pekerjaan. 

Ada empat tips penting yang dapat diterapkan. 

1. gabunglah dengan komunitas atau group

agar tidak merasa sendirian dalam menghadapi situasi sulit ini. Meskipun saat ini alat media sosial lebih mudah diakses, namun bergabunglah hanya dengan komunitas yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda sehingga bisa mendapatkan solusi tepat dari mereka. Jangan takut untuk berinteraksi karena itu akan membantu memperluas jaringan Anda dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru di masa depan dapat Anda ikuti. berurusan dengan komunitas online dan jangan merasa sendirian setelah kehilangan pekerjaan akibat PHK. 

2. Pelajari ulang kemampuan yang dimiliki 

Setelah kehilangan pekerjaan, masuk ke dalam lingkungan baru bisa menjadi sulit. Oleh karena itu, perlu mempelajari kembali kemampuan diri agar dapat menyesuaikan dengan lingkungan kerja yang baru nanti. 

3. Buat daftar target pilihan karier di masa depan 

Mungkin saja berkarier di bidang yang sama bukan lagi opsi terbaik untuk Anda. Tingkatkan peluang kembangkan kariermu dengan membuat daftar target profesi atau industri lain yang menarik bagimu. 

4. Jalin hubungan bisnis dan jaringan personal

Hubungi kembali kenalan-kenalan lama maupun orang-orang dalam perselingkuhan profesional hatimu lainnya demi mendapatkan informasi tentang karier terbaru atau kesempatan baru pada waktu sesuai muncul. Penting juga untuk tetap menjaga hubungan bisnis dan menyimpan kontak dari teman-teman profesionalmu sebelumnya serta rekan-rekan tim hari-harimu dulu agar semakin besar ruang gerak mencari lowongan itu penting saat kamu sedang mencari pekerjaaannya. 

"Pasti," kata Yohannes, "pada saat resesi seperti ini, media sosial sangat membantu kita untuk bergabung dalam kelompok-kelompok pengguna, lihat salah satu platform seperti Instagram,Tiktok,dan Linkedin."


0 comments